Pages

Selasa, 05 Februari 2013

KPU Makassar Bahas Strategi Sosialisasi Pemilu (Pemilukada)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menghadirkan tiga Fasilitator, Arqam Azikin, S.Sos., M.Si, Aflina Mustafaina dan Syamsir Rahim S.Sos., M.Si sebagai narasumber dalam FGD Strategi Sosialisasi Pemilukada. Berbagai elemen atau stakeholder pemilu diundang sebagai penanggap dalam kegiatan tersebut, ada dari unsure parpol, akademisi, OKP, Ormas, dan Mahasiswa. Acara ini, hari ini, 29 Maret 2012 bertempat di Hotel Jakarta  Jalan Ance Dg. Ngoyo.
Salah satu Tugas Pokok KPU adalah melakukan sosialisasi terhadap penyelenggaraan pemilu/pemilukada. KPU Kota Makassar telah menyusun grand design sosialisasi. KPU Kota Bandung telah melaksanakan kegiatan sosialisasi diantaranya kegiatan sosialisasi dengan dana yang bersumber dari APBD yaitu workshop Kepemiluan Bagi Guru PKn, dan Program Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula melalui Kelas Pemilu.

Kendati selama ini KPU Kota Makassar sudah banyak melaksanakan kegiatan sosialisasi, namun tetap ada keinginan untuk memperoleh gambaran serta keterampilan dasar tentang tata cara membuat strategi sosialisasi yang komprehensif untuk persiapan pemilu dan pemilukada. Keterampilan yang dimaksud diantaranya yaitu, penjelasan tentang pengertian sosialisasi pemilu sekaligus evaluasi kegiatan sosialisasi yang pernah dilakukan KPU Kota Makassar, perencanaan sosialisasi Pemilu/Pemilukada, penyusunan program kerja sosialisai yang efektif, serta penyusunan budget sosialisasi Pemilu/Pemilukada.

KPU Kota Makassar berharap, kegiatan FGD ini dapat dijadikan sebagai bahan dan sarana untuk memberikan informasi kepada KPU Kota Makassar sebagai penyelenggara Pemilu/Pemilukada dan kepada unsur pemerintah Kota Makassar sebagai stakeholder serta unsur masyarakat Kota Makassar sebagai calon pemilih dalam Pemilu/Pemilukada mengenai strategi sosialisasi serta untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penyelenggara Pemilu/Pemilukada, stakeholder, dan calon pemilih Pemilu/Pemilukada sehingga dapat mengerti dan memahami dalam menyusun strategi sosialisasi Pemilu/Pemilukada yang efektif. Disamping itu, dengan adanya workshop ini, secara internal KPU Kota Makassar dapat mengevaluasi kelemahannya serta dapat menguatkan kelebihannya dalam melakukan sosialisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar